Tips Menghadapi Ujian

Waktu ujian sudah dekat. Begitu banyak bahan yang harus dibaca ulang dan dipelajari, sedangkan waktu yang ada sangat terbatas. Bagaimana kita harus mensikapinya? Ada beberapa tips yang mungkin berguna bagi anda

Sebelum Ujian

  • Perencanaan yang matang

Rencana-Rencana-Rencana itulah kunci keberhasilan dalam ujian. Keberhasilan anda dalam mengerjakan soal ujian, bukan ditentukan pada hari H, tetapi beberapa hari atau beberapa minggu sebelumnya. Tanpa persiapan yang matang maka anda seperti pergi ke medan tempur tanpa membawa senjata dan amunisi. Apa saja yang perlu direncanakan? Lihat jadwal ujian baik-baik. Petakan mata kuliah yang anda rasa sudah anda kuasai dengan baik. Fokuskan dulu pada mata kuliah yang anda sudah pahami. Lebih baik memulai mengerjakan sesuatu yang anda bisa dulu bukan? Setelah anda merasa cukup, baru kejar materi-materi untuk kuliah yang kurang anda pahami.

  • Pelajari Learning Objectives

Ujian adalah satu mekanisme untuk menguji apakah anda memahami apa yang telah diajarkan dosen atau belum. Dosen mengajarkan segala sesuatu sesuai dengan tujuan pembelajaran atau learning objectives yang telah ditetapkan di awal kuliah. Sehingga tidak berlebihan jika kita bisa mengatakan, kalau anda menguasai semua learning objectives yang telah ditetapkan, maka tidak ada hal yang perlu anda risaukan di ujian. Kemudian bagaimana anda tahu anda sudah menguasai learning objectives atau belum? Coba baca learning objectives tiap pertemuan, kalau perlu di ringkas di kertas tersendiri. Kemudian ubahlah kalimat dalam learning objectives tersebut menjadi pertanyaan. Coba jawab pertanyaan tersebut tanpa membuka catatan. Anda bisa? Kalau masih ada yang belum bisa anda buka catatan, dan ulangi lagi terus.

  • Buka-Baca-Ringkas Catatan

Banyak penjelasan dosen yang tidak tertuang dalam powerpoint. Penjelasan tersebut biasanya ada di buku teks atau di penjelasan waktu dosen menerangkan di kelas. Seringkali penjelasan-penjelasan tersebut begitu penting sehingga dosen mengulang-ulang dan memastikan semua paham. Biasa penjelasan-penjelasan seperti itulah yang anda perlukan untuk menjawab soal ujian. Maka pastikan selalu terjaga di kelas, pasang konsentrasi penuh, dan siap mencatat. Kalau anda sudah menguasai teknik mencatat ringkas dan cepat, tentu ketrampilan tersebut akan sangat membantu anda dalam menangkap penjelasan dosen dan membantu anda dalam ujian. Ingatlah…ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Ali bin Abu Thalib)

  • Banyak Istirahat dan makan bergizi

Jangan habiskan seluruh waktu anda untuk belajar. Sesekali perlu jalan menghirup udara di luar atau mendengarkan musik yang anda sukai (saya tidak menyarankan untuk nonton TV, karena semakin memperberat beban mata anda). Rencanakan dengan baik waktu belajar anda, sehingga anda masih punya cukup waktu untuk istirahat. Selain itu makan-makanan bergizi waktu masa ujian, agar badan anda fit dan terhindar dari penyakit. Jangan terlalu banyak makan mie instant, karena walaupun mengenyangkan dan lezat, namun makanan tersebut miskin gizi. Lebih baik banyak makan sayuran dan banyak minum air putih.

  • Berdoa

Bagi anda yang percaya kekuatan doa, maka optimalkan doa anda supaya diberi kelancaran dalam ujian. Setelah anda berusaha sekuat tenaga, maka kita tinggal menyerahkan segala sesuatunya kepada Allah SWT.

Pada Saat Ujian

  • Tenangkan diri anda

Satu hal yang mutlak harus anda lakukan sebelum ujian adalah menenangkan diri. Bahan yang sudah anda persiapkan bisa hilang begitu saja kalau anda tidak tenang. Kalau anda tipe yang suka jalan kesana kemari untuk menenangkan diri, lakukan itu! Kalau anda tipe yang suka tetap membaca bahan dan mengingat-ingat sampai detik terakhir sebelum ujian, lakukan itu! Kalau anda suka mengobrol dan bercanda untuk menghilangkan stress kala sebelum ujian, lakukan itu! Intinya tiap-tiap orang punya cara masing-masing untuk menenangkan diri sebelum ujian

  • Berdoa sebelum ujian

Berdoa adalah salah satu cara untuk menenangkan hati dan pikiran. Yakinkan diri anda bahwa anda telah melakukan persiapan sebaik mungkin, dan saatnya untuk melakukan yang terbaik di ujian. Allah pasti akan membantu hamba-hambanya yang berusaha.

  • Baca seluruh soal

Jangan tergesa-gesa mengerjakan. Anda sebaiknya membaca seluruh soal dan memperhitungkan waktu untuk mengerjakan seluruh soal. Apakah anda merasa yakin bisa menyelesaikan semua? Kalau anda yakin, maka tidak jadi soal, anda mengerjakan soal yang mana terlebih dahulu. Namun jika anda merasa waktu yang tersedia mepet, maka anda sebaiknya mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu sebaik mungkin, kemudian sisanya untuk mengerjakan soal yang sulit atau soal yang kurang anda mengerti.

  • Pahami maksud soal

Ada beberapa soal yang telah jelas apa yang dimaksud namun ada beberapa yang perlu di analisa terlebih dahulu sehingga anda paham apa yang harus anda jawab. Anda bisa memulai memahami soal dengan memahami kata kerja dalam soal:

Sebutkan! : dalam hal ini anda harus menyebutkan semua yang diminta

Jelaskan! : dalam hal ini anda disamping harus menyebutkan, juga harus menjelaskan pengertian masing-masing komponen. Kalau anda hanya menyebutkan tanpa menjelaskan maka dipastikan nilai anda tidak maksimal

Bagaimana….! Anda disampingkan menyebutkan, menjelaskan masing-masing komponen, anda juga harus menjelaskan kaitan antara satu komponen dengan komponen lain, sehingga bisa tergambar hubungan masing-masing komponen. Kalau anda hanya menjelaskan masalah kaitan, tanpa menjelaskan masing-masing komponen maka dipastikan nilai anda tidak maksimal

Mengapa….! Hati –hati dengan pertanyaan mengapa. Karena anda harus menjelaskan lebih dalam, mulai dari menyebutkan, menjelaskan masing-masing komponen, menerangkan kaitan antara komponen satu dengan yang lain, sampai menjelaskan alasan-alasan untuk menjawab pertanyaan.

  • Rencanakan cara menjawab

Pada kerta kosong, buat kerangka atau outline dari jawaban anda, misalnya paragraf pertama anda akan menjelaskan pengertian-pengertian, paragraf kedua anda akan menjelaskan hubungan-hubungan dan paragraf ketiga anda akan menjawab pertanyaan dan menyimpulkan.

  • Tuangkan isi kepala anda ke lembar jawaban

Jangan pelit-pelit dalam memberikan jawaban. Tuangkan semua yang ada di isi kepala anda. Kalau kertasnya kurang anda bisa minta ke petugas lagi. Lebih baik memberi lebih daripada anda menjawab kurang. Namun pastikan semua yang anda tuangkan ada relevansinya dengan pertanyaan. Untuk itu penting mengacu pada outline yang telah anda buat di langkah 5.

  • Baca ulang – koreksi

Setelah selesai mengerjakan jangan langsung koreksi. Ada baiknya anda beristirahat sebentar 3- 5 menit atau mengerjakan soal yang lain terlebih dahulu. Setelahnya anda baca ulang pelan-pelan. Apakah anda paham dengan jawaban anda sendiri? Kalau anda ternyata tidak paham dengan jawaban anda, sangat mungkin ada kalimat atau kata-kata yang hilang. Jika anda masih punya waktu segera di perbaiki.

  • Berdoa

Setelah anda merasa cukup. Maka berdoa. Panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena anda telah berhasil mengerjakan soal. Tidak usah terlalu risau dengan nilai, yang terpenting anda telah berusaha dan berdoa sekuat tenaga.

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s