Program Magang Plus-Plus!


Salah satu masalah klasik di dunia pendidikan akuntansi adalah ketertinggalan dunia pendidikan dari dunia praktek. Perkembangan dunia bisnis yang begitu cepat, seolah tidak bisa terkejar oleh pengajaran di kampus. Salah satu pemecahan masalah ini adalah mendorong mahasiswa untuk mengambil banyak kegiatan yang berhubungan dengan dunia praktek, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan magang.

Namun, program magang tidak juga sepenuhnya menyelesaikan masalah. Tanpa program yang jelas, mahasiswa biasanya hanya mengerjakan pekerjaan-pekerjaan teknis yang kurang bernilai tambah, misalnya entry, merapikan arsip, menjadi juru fotokopi dan kegiatan lain yang kurang berhubungan dengan disiplin akuntansi.

Oleh karenanya perlu dipikirkan, solusi agar magang yang diikuti oleh mahasiswa akuntansi benar-benar melatih kemampuan praktek dan analisa mahasiswa. Salah satu cara yang kami tempuh saat ini adalah merancang program magang yang menekankan pada output atau solusi yang bisa diberikan kepada tempat magang. Oleh karenanya tempat magang yang dipilih bukanlah instansi yang telah mapan, namun sebaliknya, dipilih perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang atau masih dalam tahap pembenahan. Harapannya, mahasiswa akan dihadapkan oleh berbagai tantangan dan permasalahan yang memacu mereka untuk mencari pemecahan-pemecahan dengan menggunakan bekal yang telah mereka dapat selama kuliah. Tentu peran dosen pembimbing dalam hal ini sangat penting, untuk mengarahkan mahasiswa dalam mencari solusi.

Langkah-langkah yang perlu dikerjakan oleh mahasiswa dalam mengikuti program magang seperti ini adalah memetakan proses bisnis perusahaan, melakukan analisa resiko dan memahami strategi perusahaan, memetakan alur-alur pencatatan keuangan, mengidentifikasi kelemahan-kelemahan, mengumpulkan data-data pendukung dan memberikan solusi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s