Bisnis Sosial

Apakah bisnis hanya selalu fokus mencari untung?
Jawaban pastinya adalah “IYA”. Tetapi saat ini berkembang banyak perpsektif tentang apa itu ‘untung’? Perspektif ini muncul dari kritik terhadap penggunaan ‘laba finansial” sebagai satu-satunya tolok ukur keuntungan perusahaan.  Pandangan ini di kampanyekan oleh Milton Friedman dkk, yang menyatakan satu-satunya tanggung jawab manajemen dalam perusahaan adalah bagaimana menciptakan keuntungan bagi para pemegang saham. Awalnya dirasa tidak ada yang salah dari pandangan seperti itu, namun dunia kini merasakan, eksploitasi berlebihan terhadap sumberdaya alam telah menyebabkan kerusakan lingkungan yang parah. Eksploitasi buruh dan tenaga kerja membuat kesenjangan sosial semakin tinggi dan menyebabkan masalah-masalah sosial pelik. Akibat-akibat buruk itupun kemudian mempengaruhi keuntungan perusahaan, karena customer menjadi tidak simpatik terhadap perusahaan-perusahaan yang membuat kerusakan sosial atau melakukan ketidakadilan.

Hal inilah yang mendorong Freeman, salah satu ahli ekonomi mengusung “Stakeholder Theory”. Freeman menyatakan bahwa keberlangsungan perusahaan di jangka panjang hanya bisa terjamin, kalau perusahaan memenuhi tuntutan-tuntutan para pemangku kepentingan “stakeholder”. Hal ini kemudian mendorong, yang saat ini kita kenal dengan istilah CSR

One comment

  1. Betul pak.. Kalau saya bilang bisnis bukan hanya bicara masalah untung, tapi bagaimana pelaku bisnis mempunyai etika dalam menjalankan bisnisnya pak. Karena, terkadang etika (Islam) terkadang hanya di wacanakan diseputar masjid, majelis taklim, mushola, tapi keluar dari sana etika menjadi hanya sekedar wacana yang tak terealisir.
    Salam Pak Rudi tetap fokus ngeblog njih..🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s