Detoksifikasi Otak — cara efektif mendapatkan banyak ide —

http://rudy.staff.umy.ac.id/2012/04/17/detoksifikasi-otak/

Hari minggu pagi yang cerah. Udara segar dan sinar mentari tersipu malu menyapa. Saya memulai tugas rutin setiap minggu pagi, yaitu membuang sampah. Siapa sih yang suka membuang sampah? Kalau ada yang hobi buang sampah patut dimasukkan sebagai makhluk yang langka sepertinya. Tetapi, anyway, suka atau tidak suka, kita harus buang sampah, kalau tidak rumah kita tentu tidak akan nyaman bukan.

Seperti itulah ibaratnya, otak kita adalah rumah ilmu. Apabila banyak sampah di rumah ilmu tersebut, bisa jadi ilmu tidak betah di dalamnya atau ilmu baru sukar masuk.

Eitss. Apa bener ada yang namanya sampah di otak kita? Saya sih percaya. Pikiran negatif, suka mengeluh, menyalahkan keadaan, tidak percaya diri, suka dengki, pikiran kotor, stress semuanya adalah sampah otak kita. Apabila otak kita dipenuhi pikiran-pikiran tersebut, susah untuk otak berpikir dan memproses informasi. Betul tidak?

Oleh karenanya, setelah membuang sampah rumah, minggu pagi yang cerah saya gunakan juga untuk membuang sampah pikiran. Tinggal ambil sepeda kayuh sekuatnya mengelilingi areal persawahan sambil menghirup udara segar. Tanpa beban. Tanpa target, hanya mengayuh. Pikiran jadi segar. Fokus kita terhadap area yang luas menghijau sejenak akan membuat pikiran kita menjadi lebih tenang.

Untuk apa sih dipikirkan. Seringkali masalah yang ada hanya perlu dihadapi, dipecahkan atau dilupakan. Tidak ada gunanya terlalu dalam memikirkan sesuatu, yang mungkin sesuatu tersebut sebenarnya hanya bersifat sementara.

Seperti seorang sahabat pernah bilang, pikiran kita seperti ruang. Kosongkan ruangan dan anda akan bisa memasukkan banyak hal.

Mungkin malam ini saya mencoba “mengosongkan” pikiran saya dengan menulis. Seperti kata tokoh dalam serial mandarin (namanya lupa sorry), kosong adalah isi, isi adalah kosong.

Rumah Casa Kesabaran, 17 APril 1.17 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s