SPACEGAME – Simulasi untuk membangun Team, Mengasah Strategi dan Mengambil Keputusan

Apa itu SPACEGAME ? SPACEGAME adalah simulasi pertempuran yang dikembangkan oleh SYNCORE Consulting untuk meningkatkan kemampuan team dalam mengatur dan eksekusi strategi.

Simulasi ini sudah dipakai oleh perusahaan, yayasan dan universitas untuk melatih karyawan dan mahasiswa bekerjasama dalam sebuah team, menyelesaikan tantangan bersama, merumuskan strategi dan mengeksekusi strategi. Mengapa simulasi? Simulasi adalah penyederhanaan dari kehidupan nyata. Situasi kehidupan nyata yang sangat dinamis, penuh persaingan dan tantangan digambarkan melalui sebuah pertempuran. Siapa yang lebih siap, lebih cepat dan lebih hebat dia akan menang, persis seperti didunia nyata. Model simulasi ini terbukti lebih efektif untuk melatih karyawan atau mahasiswa dalam memahami konsep manajemen organisasi dan strategi, karena mereka bisa menerapkan konsep dan mengamati hasilnya secara langsung.

Simulasi ini merupakan salah satu metode umum yang digunakan dalam militer. Untuk melatiha kemampuan prajurit, komandan dan jenderal dalam memenangkan suatu peperangan mereka membuat beragam skenario perang dan melihat bagaiman prajurit, komandan dan jenderal akan bereaksi atas berbagai skenario perang tersebut. Kalangan bisnis kemudian tertarik untuk mengadopsi pendekatan ini untuk melatih para eksekutif, manajer dan karyawan mereka.

Berikut ini gambaran SPACEGAME untuk peserta 500 orang yang diadakan pada tanggal 1 Mei 2014 di Yogyakarta

01. Pendaftaran dan pemetaan peserta

 photo 39Spacegame.jpg

Sebelum ikut permainan atau simulasi peserta didaftar terlebih dahulu, dipelajari kharakteristiknya dan diminta melakukan beberapa tes psikologi. Hasil dari pemetaan tersebut akan digunakan untuk mengelompokkan peserta kedalam beberapa group.

 

02. Warming Up & Ice Breaking

 photo 40Spacegame.jpg

Fasilitator akan mengajar peserta untuk melakukan warming up (pemanasan) karena nantinya simulasi ini akan ada beberapa kegiatan fisik. Ajang pemanasan ini dilanjutkan dengan  Ice Breaking. Mulai dari sesi ini aroma persaingan sudah muncul antar kelompok.

03. Penjelasan Tematik

 photo 41Spacegame.jpg
Fasilitator akan menjelaskan Tema dari kegiatan SPACEGAME. Tema yang biasa diusung adalah pembangunan kharakter atau budaya organisasi. Tujuan pembelajaran dan nilai-nilai yang akan diraih dijelaskan disini, sehingga nantinya peserta akan tahu apakah mereka mencapai tujuan-tujuan tersebut atau tidak.

04. Berkumpul dalam Kelompok

 photo 48Spacegame.jpg
Fasilitator kemudian akan mengarahkan peserta untuk berkumpul dalam kelompok masing-masing untuk saling berkenalan. Kekompakan team sangat penting bagi kemenngan dalam simulasi SPACEGAME.

05. Game antar kelompok
 photo 52Spacegame.jpg
Untuk melihat kekompakan team, maka dibuat beberapa game kelompok. Aroma persaingan antar kelompok menjadi sangat terasa ditahap ini.Setiap kelompok yang dapat memenangkan game akan mendapatkan poin. Poin ini dapat ditukar menjadi uang dalam simulasi SPACEGAME.
 photo 57Spacegame.jpg

06. Pemilihan Commander

 photo 60Spacegame.jpg
Selanjutnya Team akan berdiskusi untuk memilih Commander. Commander merupakan orang yang sangat penting dalam menentukan menang kalahnya team dalam simulasi. Dalam waktu hanya 3 menit mereka diminta untuk menentukan dengan segera siapa commander mereka.

 photo 59Spacegame.jpg

07. Masa Edukasi
 photo 58Spacegame.jpg
Fasilitator akan menjelaskan aturan main dan menjelaskan beberapa teknik kepada perwakilan Kelompok. Selanjutnya mereka harus menjelaskan hal tersebut ke kelompok masing-masing. Diperlukan kemampuan komunikasi yang tinggi untuk dapat melakukan hal ini.

 photo 61Spacegame.jpg

 photo 68Spacegame.jpg

 photo 69Spacegame.jpg

08. Masa Produksi
 photo 70Spacegame.jpg

Setelah masa edukasi selesai, maka dilajutkan ke masa produksi. Team harus membuat barang yang telah dilatihkan pada hari tersebut.Bagaimana team mengatur produksi akan menentukan sebearapa banyak hasil produksi.
 photo 71Spacegame.jpg
Ketika bahan baku habis maka perwakilan kelompok akan membeli ke pasar. Mereka harus lebih cepat dari kelompok yang lain agar dapat memproduksi lebih banyak

 photo 73Spacegame.jpg

09. Masa Invasi

 photo 74Spacegame.jpg
Kelompok akan memutuskan untuk menyerang atau bertahan. Pada waktu ini tensi permainan menjadi tinggi. Seringkali ada negosiasi-negosiasi alot. Kelompok yang kalah semua anggota team dan kekayaan akan menjadi kelompok yang menang.

 photo 75Spacegame.jpg

10. Final Battle
 photo 80Spacegame.jpg
Permainan terus berlangsung sampai hanya tersisa dua kelompok. Dua kelompok tersebut kemudian melakukan final battle untuk menentukan pemenang akhir.

11. Evaluasi Permainan photo 84Spacegame.jpg
Masing-masing kelompok diminta menjelaskan strategi permainan mereka, mengapa mereka menang dan mengapa mereka kalah. Apa pelajaran yang mereka bisa ambil dari simulasi tersebut?
12. Refleksi

 photo 88Spacegame.jpg
Pembicara utama akan melakukan refleksi sesuai tematik yang dipilih. Peserta akan lebih mudah menangkap pesan karena mereka telah menerapkan konsep-konsep tersebut dalam simulasi .

 

12. Responsi

 photo 89Spacegame.jpg
Peserta melakukan responsi untuk acara hari tersebut supaya pelajaran-pelajaran yang bisa diambil bisa dicatat dan didokumentasikan oleh masing-masing peserta. Peserta akan dinilai berdasarkan inisiatif dalam kelompok serta hasil responsi.

 photo 91Spacegame.jpg

13. Penutupan
 photo 100Spacegame.jpg
Tiba acara santai. Penutupan biasa diisi dengan perfomance dari peserta atau acara-acara hiburan lainnya. Sehingga peserta pulang dengan perasaan yang fresh !

 photo 104Spacegame.jpg

Inilah orang-orang yang berada dibalik pelaksanaan SPACEGAME #500 orang dengan tema WIN FOR YOUR LIFE !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s