10 Tips Praktis Lolos PKM 2014

Berikut ini adalah materi untuk pembekalan PKM 2014. Saya posting disini semoga bisa dimanfaatkan khalayak banyak.

Telah banyak pedoman dan diskusi tentang bagaimana membuat proposal PKM yang baik. Saya coba merangkum kedalam 10 hal yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa yang ingin lolos PKM. Poin-poin berikut ini bisa sangat bermanfat untuk mempertajam ide kreatif anda, atau sebagai bahan evaluasi akhir.

 

1. Ingat Proposal = Persepsi

Fungsi proposal adalah meyakinkan reviewer bahwa program anda layak didanai. Apabila anda ingin lolos cobalah memandang proposal anda dari sudut pandang reviewer. Apabila anda menjadi reviewer apakah anda sudah bisa menangkap jelas maksud proposal? apakah idenya menarik? Apakah anda dipandang mampu dan kompeten? dan yang paling penting apakah proposal anda layak didanai?

Mengapa hal ini penting, seringkali mahasiswa terjebak dalam sudut pandang mereka sendiri. Kalau kita memakai kacamata kita… tentu ide kita adalah ide yang paling bagus. Tetapi ide yang bagus menurut kita belum tentu bagus menurut orang lain bukan? Itulah peran proposal.. yaitu bagaimana anda meyakinkan pembaca bahwa ide anda bagus. Ide bagus dalam hal ini tentu saja diukur dari seberapa kreatifkah anda?

Anda perlu juga ingat bahwa pembaca proposal anda (dalam hal ini reviewer) belum tentu memiliki bidang yang sama dengan anda. Anda perlu jelaskan dengan bahasa yang mudah dan gamblang sehingga orang diluar bidang anda tahu mengapa ide anda kreatif dan penting untuk dilakukan.

Hal lain adalah hal yang menurut anda sangat jelas dan masuk akal, belum tentu hal yang sama bagi reviewer. Ingat reviewer tidak kenal anda. Contoh anda sangat pintar membuat jamu herbal, tetapi kebetulan anda mengambil jurusan akuntansi. Apabila di dalam tim anda tidak ada

Sekali lagi proposal berguna untuk mengubah persepsi. Dari sebelumnya tidak tertarik menjadi tertarik, dari sebelumnya ragu-ragu menjadi setuju. Pintar-pintar anda mengemas ide anda agar  sesuai dengan persepsi reviewer.

Ide bagus tetapi tidak sesuai persepsi reviewer akan menghasilkan proposal yang tidak lolos.

2. Kunci No 2 dst … Silahkan dilanjut dengan membaca powerpoint ya….

 

*Mohon maaf lagi kejar target*

 

Powerpoint PEMBEKALAN PKM 2014

 

Baca juga 10. Rahasia memenangkan PKM 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s