Sarasehan Memajukan Ekonomi Rakyat – Aliansi Perguruan Tinggi, KKMB, Perbankan dan Pemerintah Daerah DIY

20140927_093831

Ada pepatah Cina, apabila kita ingin berjalan cepat, berjalanlah sendiri, tetapi apabila kita ingin berjalan jauh berjalanlah bersama-sama. Pihak perguruan tinggi yang diisi oleh para intelektual dan mahasiswa memiliki banyak konsep dan sumberdaya yang bisa digunakan untuk mendorong percepatan pemerintah daerah dalam mempersiapkan SDM untuk menghadapi perubahan-perubahan paska disahkan Undang-undang Desa.

Untuk itu Dashboard Ekonomi Kerakyatan UGM bersama KKMB DIY menggelar sarasehan dengan tema ALIANSI PERBANKAN – PERGURUAN TINGGI , PEMERINTAH DAERAH & KONSULTAN KEUANGAN MITRA BANK MENUJU ONE VILLAGE ONE PRODUCT, ONE PERSON ONE PRODUCT & ONE VILLAGE ONE CORPORATION.

Latar belakangnya adalah diterbitkannya Undang-undang desa No 06 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah No 43 tahun 2014. Paska penerbitan undang-undang tersebut maka kewenangan pemerintah daerah akan semakin besar. Sesuai dengan ketentuan UU No 06 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah No 43 tahun 2014, desa berwenang untuk mengelola:

  1. Pembangunan Desa
  2. Keuangan, Aset dan Badan Usaha Milik Desa
  3. Pembangunan Kawasan Perdesaan
  4. Kerjasama antar desa
  5. Lembaga kemasyarakatan desa.

Pihak Perbankan bisa membantu lewat dana CSR dan Kredit Usaha Rakyat agar stimulan yang diberikan lewat Anggaran Dana Desa (ADD) bisa menjangkau pihak yang lebih luas lagi dan berkesinambungan. Pihak Asosiasi Konsultan Keuangan Mitra Bank bisa berbagi pengalaman dan keahlian dalam melakukan pendampingan terhadap UMKM.

Hasil dari sarasehan ini adalah adanya kesepakatan untuk setiap kecamatan untuk menunjuk satu UMKM untuk mewujudkan Satu Desa Satu UMKM. KKMB kemudian akan berperan dalam mendampingi UMKM tersebut agar menjadi feasible dan bankable. Selanjutnya Bank BNI telah siap dengan berbagai skema untuk pembiayaan.

Semoga harapan mulia itu segera terwujud dalam waktu dekat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s