Mahasiswa siap terjun ke Desa membantu pelaksanaan UU Desa

IMG-20141014-WA0005

 

Undang-undang Desa No 6 tahun 2014 telah disahkan, salah satu amanat dari undang-undang tersebut adalah ada dana alokasi APBN yang diturunkan langsung ke desa sebesar Rp1.2 sd 1.4Milyar. Pada satu sisi perubahan kebijakan ini tentu akan sangat menguntungkan bagi desa, tetapi disisi lain akan memberikan tantangan berupa kesiapan perangkat desa dalam menyiapkan tata aturan dan SDM agar penggunaan dana tersebut sesuai ketentuan yang ada.

Perubahan mendasar lainnya adalah perubahan paradigma desa membangun Indonesia. Selama ini pembangunan cenderung bersifat top down. Adanya kewenangan yang lebih di desa dan sekaligus ada anggaran maka desa menjadi berdaya. Harapannya adalah terwujud desa mandiri, yang mampu mencukupi kebutuhannya dan mampu menjalankan peran-peran pembangunan lain dengan baik. Untuk menopang kemandirian desa maka perlu dibentuk Badan Usaha Milik Desa (BumDES). Badan Usaha Milik Desa ini berperan dalam menggali potensi-potensi yang ada di desa tersebut dan melakukan kegiatan usaha profit untuk kepentingan desa.

Salah satu konsep yang paling tepat untuk hal tersebut adalah Social Enterprise. Social Enterprise adalah upaya penyelesaian masalah-masalah sosial dengan membentuk lembaga bisnis. Social enterprise mendapatkan profit, tetapi sebagian profit digunakan untuk upaya penyelesaian masalah sosial.

Oleh karena itu perlu ada aliansi dari kampus, perbankan dan pemerintah daerah untuk bisa menggarap tema besar ini. Langkah sejauh seribu kilometer, tetap dimulai dengan satu langkah pertama. Untuk itu kami dari Business & Accounting Innovation Center UMY, Bank Syariah Mandiri dan didukung oleh Association of Social Enterprise Young Ambassador (ASEYA) akan mengadakan seminar pada tanggal 04 November 2014 pukul 15.00 sd 17.00. Pendaftaran bisa dilakukan ke Rizar (085 725 729 333).

Tindak lanjut paska acara ini adalah inisiasi pembentukan Jejaring Desa Wirausaha dan Mahasiwa Duta Desa / Social Enterprise Young Ambassador.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s