Paradigma Baru SPI BLUD

Sesuai dengan ketentuan PP23/2005dan Permendagri 61/2007 maka Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) wajib memiliki Satuan Pengawas Internal (SPI). Masih banyak pihak belum paham terkait dengan fungsi dan peran SPI dalam BLUD.

image

Kita harus merujuk pada tujuan utama didirikan BLUD yaitu untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat dengan prinsip bisnis yang sehat dan akuntabilitas. Ada dua akuntabilitas yg wajib dijaga oleh BLUD yaitu akuntabilitas keuangan dan kinerja.

Akuntabilitas Keuangan dilaksanakan salah satunya yaitu dengan menyusun laporan keuangan berdasar Standar Akuntansi Keuangan yang nantinya akan diaudit oleh auditor eksternal atau BPK. Untuk dapat mencapai opini Wajar Tanpa Pengecualian maka banyak hal harus disiapkan oleh BLUD, antara lain kebijakan akuntansi, SOP Keuangan, sistem akuntansi dan sistem monitoring.

Mengingat transaksi di BLUD cukup kompleks maka diperlukan sistem monitoring yang kuat. Sistem monitoring didalam instansi pemerintah harus mengacu pada PP60/2008 tentang Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP). SPIP ini mengacu pada COSO FRAMEWORK yaitu kerangka sistem pengendalian internal yang diterima secara internasional.

SPIP ini menggantikan konsep WASKAT (Pengawasan Melekat). Ada lima komponen dalam SPIP yaitu lingkungan pengendalian, penilaian resiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi dan monitoring. Artinya peran monitoring atau pemeriksaan hanya salah satu elemen dari SPI yang efektif.

Saat ini telah terjadi pergeseran peran SPI dari sebelumnya sebagai watchdog berubah menjadi strategic partner. Hal ini seiring dengan paradigma BLUD yg berbasis kinerja. Artinya mulai dari perencanaan, penatausahaan dan pelaporan basisnya adalah kinerja. Sebagai syarat untuk menjadi BLUD adalah pernyataan kesanggupan meningkatkan kinerja. Sehingga pimpinan BLUD akan selalu dinilai dan dievaluasi berdasarkan standar pelayanan minimal (SPM) yg telah disepakati dalam 5 tahun.

Menilik hal – hal tersebut maka peran SPI semakin sentral dalam pengelolaan BLUD. Oleh karenanya perlu ada program peningkatan SPI BLUD secara berkelanjutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s