Workshop Penyusunan RBA Perguruan Tinggi BLU (PTN BLU)

Ada hal yang berubah dalam penyusunan RBA Perguruan Tinggi berbentuk Badan Layanan Umum (PTN BLU). Seiring dengan perubahan nomenklatur kementrian ristek dan dikti maka ada beberapa perubahan mendasar.

image

Perubahan pertama adalah perubahan RENSTRA Kemenristekdikti yang harus diadopsi dalam Renstra perguruan tinggi. Perubahan RENSTRA ini selanjutnya akan berdampak pada perubahan Rencana Strategis Bisnis (RSB).

Banyak pihak rancu antara RENSTRA dan RSB. RSB adalah dokumen kelengkapan pengelolaan BLU. RSB disusun pertama kali sewaktu mengajukan pola pengelolaan keuangan BLU dan berjangka waktu 5 tahun. Sebelum menyusun RBA perlu diperhatikan apakah RSB masih berlaku atau tidak. Kami menjumpai banyak masalah di lapangan terkait penyusunan RBA bersumber pada RSB yang belum update. Apabila RSB sudah kadaluwarsa maka hal ini masuk aspek kepatuhan.

Perubahan kedua adalah integrasi RBA ke RKA K/L. Mengingat saat ini ada 4 DPA dari kemerinstekdikti sesuai masing-masing dirjen
maka hal ini patut diperhatikan oleh bagian perencanaan BLU. Karena pada intinya RBA merupakan perincian dari RKA K/L.

Masih ada beberapa hal lain yang perlu dicermati dan didiskusikan mengenai pola perencanaan di PTN BLU paska perubahan menjadi Kemenristekdikti

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s