Workshop Akuntansi Rumah Sakit Syariah

Untuk memenuhi harapan umat Islam dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan memenuhi prinsip-prinsip syariah, maka Majelis Syuro Usaha Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) yaitu asosiasi rumah sakit Islam seluruh Indonesia telah menetapkan Standar Sertifikasi Rumah Sakit Syariah. Penetapan standar ini merupakan sebuah perjalanan panjang yang telah dimulai sejak tahun 2009.

03 Workshop RS Syariah

Sertifikasi Rumah Sakit Syariah ini terdiri dari 5 bab, 54 standard dan 157 elemen. Syarat untuk mendapatkan penialian sertifikasi Rumah Sakit Syariah adalah sebelumnya sudah mendapatkan sertifikasi rumah sakit versi KARS. Hal ini untuk memastikan bahwa rumah sakit yang diberi sertifikasi syariah adalah rumah sakit yang berkualitas.

01 Workshop RS Syariah

Kelima bab yang harus dipenuhi oleh rumah sakit untuk dapat menyandang sertifikasi syariah adalah memenuhi prinsip-prinsip maqashid syariah yaitu menjaga agaman, menjaga hidup, menjaga akal, menjaga keturunan dan menjaga harta. Prinsip-prinsip maqashid syariah tersebut adalah koridor untuk pedoman bahwa segala sesuatu yang kita lakukan tidak boleh bertabrakan dengan prinsip-prinsip syariah. Hal ini juga berlaku dalam pengelolaan rumah sakit. Rumah Sakit dengan label Islam memiliki tanggungjawab lebih, karena mereka tidak hanya sekedar memberi pelayanan kesehatan, tetapi apakah pelayanan kesehatan yang diberikan sejalan dengan upaya untuk menjaga akidah, ibadah dan muamalah sesuai nilai-nilai Islam.

02 Workshop RS Syariah

Selanjutnya prinsip-prinsip tersebut dijadikan pedoman dalam pengelolaan fungsi-fungsi manajemen dalam rumah sakit, antara lain marketing/pemasaran, pengelolaan sumberdaya insani, pengelolaan sarana prasarana dan pengelolaan keuangan. Khusus untuk pengelolaan keuangan maka harus juga merujuk kepada Standar Akuntansi Keuangan Syariah yang berlaku. Kami mengusulkan menambahkan value added accounting system dalam membantu manajemen rumah sakit mengukur nilai tambah yang telah diberikan ke pasien, karyawan dan masyarakat.

Untuk diskusi lebih lanjut bisa menghubungi email atau nomer telepon kami di CV.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s