quote Penyusunan Laporan Keuangan SAK Perguruan Tinggi BLU

13680455_10208375695363779_6393267650889444401_o

Perguruan Tinggi merupakan institusi publik yang harus mengelola keuangan secara profesional dan akuntabel. Untuk memenuhi harapan tersebut maka perguruan tinggi harus menyusun laporan keuangan. Sesuai ketentuan peraturan pemerintah terbaru tentang perguruan tinggi, laporan keuangan tersebut harus diaudit oleh akuntan publik.

Agar laporan keuangan bisa diaudit maka laporan keuangan harus bisa ditelusur ke bukti-bukti pendukung. Oleh karenanya laporan keuangan tersebut harus disusun melalui sistem akuntansi yang bisa diandalkan.

Tidak hanya sekedar andal, tetapi laporan keuangan harus sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku. Standar akuntansi yang tepat untuk acuan penyusunan laporan keuangan perguruan tinggi adalah PSAK 45 untuk organisasi nirlaba. Untuk transaksi-transaksi yang tidak diatur oleh PSAK 45 bisa merujuk pada PSAK ETAP.

Untuk perguruan tinggi yang  berbentuk Badan Layanan Umum masih harus membuat laporan keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintah. Saat ini telah keluar PSAP 13 untuk organisasi BLU. Apabila perguruan tinggi telah memiliki sistem akuntansi yang baik, hal ini tidaklah menjadi masalah.

K membangun sistem akauntansi yang baik diperlukan analisa mendalam atas ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku dan pemahaman proses bisnis. Berdasarkan pemamahan tersebut dapat disusun kode akun, format laporan dan alur-alur pemrosesan transakasi.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s