Sinkronisasi Akreditasi dan Pengelolaan BLUD PUSKESMAS

 

IMG_20160603_163829

Ada banyak pertanyaan lebih dahulu mana mengajukan akreditasi PUSKESMAS atau menjadi BLUD? Dua-duanya sangat penting dan membutuhkan persiapan dan pengorbanan sumberdaya yang tidak sedikit.

Screen Shot 2016-08-26 at 9.39.05 AM

 

Sebelum langsung menjawab pertanyaan tersebut, coba kita lihat latar belakang mengapa PUSKESMAS perlu akreditasi dan pengelolaan BLUD. Sebenarnya tujuannya sama yaitu untuk peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Akreditasi adalah pengakuan dari pihak luar bahwa Puskesmas telah konsisten dalam menerapkan standar-standar administrasi manajemen, Upaya Kesehatan Perorangan dan Upaya Kesehatan Masyarakat. Konsistensi penerapan standar-standar tersebut harapannya berujung pada peningkatan kualitas pelayanan (quality) dan keselamatan pasien (safety). Quality dan Saftey adalah dua kata kunci dalam lolos akreditasi ini.

Screen Shot 2016-08-26 at 9.40.19 AM

Namun upaya lolos akreditasi bukan hanya masalah kelengkapan dokumen. Tetapi yang lebih penting adalah apakah pihak manajemen dan pelaksana paham atas isi dokumen-dokumen tersebut. Tidak hanya berhenti disitu setelah dipahami, pertanyaan selanjutnya adalah apakah standar-standar tersebut benar-benar diterapkan di PUSKESMAS. Oleh karenanya untuk lolos akreditasi PUSKESMAS tidak bisa menerapkan pendekatan proyek. Tetapi harus membangun sistem yang berkelanjutan. Apakah yang dimaksud dengan pendekatan sistem? Pendekatan ini bertumpu pada pola Plan Do Check Action. Setiap hal harus direncanakan, dijalankan, dievaluasi dan dibuat rencana tindak lanjut perbaikan.

Screen Shot 2016-08-26 at 9.39.16 AM

Selanjutnya apa hubungannya dengan pola pengelolaan BLUD. Pola pengelolaan BLUD akan memberikan pondasi yang kuat untuk sistem administrasi dan manajemen Puskesmas. Karena untuk lolos sebagai BLUD maka PUSKESMAS dituntut untuk menyusun Renstra, Pola Tata Kelola, Standar Pelayanan Minimal, dan Laporan Keuangan Pokok. Dokumen-dokumen tersebut sebenarnya adalah kerangka Plan Do Check Action. Artinya kalau PUSKESMAS telah menjadi BLUD, disamping memiliki fleksibilitas dalam penggunaan anggaran juga telah memiliki kerangka yang kuat dalam membangun sistem manajemen. Kedua hal ini sangat pokok dalam menunjang keberhasilan PUSKESMAS lolos akreditasi.

Screen Shot 2016-08-26 at 9.39.39 AM

Simpulan dari penjelasan singkat diatas adalah, kalau PUSKESMAS telah menjadi BLUD maka segera akreditasi, dan kalau sudah akreditasi tetapi belum menjadi BLUD, segera menjadi BLUD. Akreditasi dan BLUD adalah strategi yang tepat untuk mendorong PUSKESMAS menjadi professional dan akuntabel.

IMG_20160604_105325

IMG_20160603_174102

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s