Esensi Standar IV dan V Sistem Pelayanan UKM dalam Akreditasi PUSKESMAS (#11)

Bab IV dan V membahas mengenai Sistem Pelayanan UKM. Bab IV membahas tentang Pelayanan UKM yang berorientasi sasaran

 

  • Perencanaan kegiatan tiap UKM PUSKESMAS

Beberapa poin yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Analisis kebutuhan dan harapan masyarakat
  2. Pembahasan konsultatif dengan masyarakat dan sasaran
  3. Upaya untuk memeroleh umpan balik dari masyarakat / sasaran
  4. Peluang inovatif

 

  • Akses masyarakat dan sasarana terhadap UKM Puskesmas

Beberapa poin yang perlu diperhatikan

  1. Akses terhadap kegiatan UKM sesuai kebutuhan
  2. Akses terhadap informasi : jadual kegiatan
  3. Kesepakatan penjadualan, dan ketepatan waktu pelaksanaan kegiatan masing-masing UKM
  4. Umpan balik dan tindak lanjut terhadap permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan, serta keluhan masyarakat / sasaran

 

  • Evaluasi terhadap kinerja UKM Puskesmas

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Penetapan indicator dan target pencapaian tiap UKM
  2. Pengumpulan data kinerja
  3. Analisis data kinerja
  4. Tindak lanjut
  5. Dokumentansi

 

Bab V Kepemimpinan dan Manajemen UKM

  • Tanggungjawab pengelolaan UKM

Beberapa poin yang perlu dicermati

  1. Penetapan tujuan, sasaran dan tata nilai
  2. Informasi kepada pihak terkait
  3. KOmunikasi dan koordinasi
  4. Penggunaan sumberdaya
  5. Minimalisasi risiko terhadap lingkungan
  6. Tanggungjawab dalam pemberdayaan masyarakat

 

  • Perencanaan kegiatan UKM mengacu pada pedoman kebutuhan masyarakat

Beberapa poin yang perlu diperhatikan

  1. Perencanaan upaya yang terintegrasi dengan RUK yang dilakukan melalui kajian kebutuhan masyarakat
  2. Revisi perencanaan jika diperlukan sesuai dengan perubahan kebijakan pemerintah dan/atau perubahan kebutuhan masyarakat

13012624_10207623256273272_4155257103199687906_n

  • Pengorganisasian UKM

Beberapa poin yang perlu diperhatikan

  1. Kejelasan tugas wewenang dan tanggungjawab (uraian tugas) : penanggungjawab dan pelaksana
  • Komunikasi dan koordinasi

Beberapa poin yang perlu diperhatikan:

  • Kebijakan dan prosedur dalam pelaksanaan UKM

Beberapa poin yang perlu diperhatikan

  1. Penetapan peraturan, kebijakan dan prosedur : acuan dalam penyelenggaran kegiatan UKM
  2. Pengendalian dokumen eksternal dan internal
  3. Evaluasi kepatuhan pelaksanaan terhadap peraturan, kebijakan, kerangka acuan dan prosedur
  4. Kebijakan dan prosedur evaluasi kinerja
  • Akuntabilitas pengelolaan dan pelaksanaan UKM

Beberapa poin yang perlu diperhatikan:

  1. Monitoring kinerja dan kegiatan UKM
  2. Pengarahan kepala Puskesmas, penanggungjawab terhadap pelaksana, penilaian kinerja yang dilaksanakan secara periodic
    • Hak dan Kewajiban sasaran UKM

Beberapa poin yang perlu diperhatikan:

  1. Hak dan kewajiban sasaran
  2. Aturan yang jelas sebagai bagian peraturan internal sebagai upaya untuk memenuhi hak , sasaran sesuai dengan visi misi dan tujuan masing-masing UKM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s