Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dalam Akreditasi PUSKESMAS (#18)

IMG_20160416_101740

Rapat Tinjauan Manajemen adalah pertemuan yang dilakukan oleh manajemen secara periodic untuk meninjau kinerja system manajemen mutu, dan kinerja pelayanan/upaya PUSKESMAS untuk memastikan kelanjutan, kesesuaian, kecukupan dan efektivitas system manajemen mutu dan system pelayanan.

Rapat Tinjauan Manajemen dipimpin oleh wakil manajemen mutu (penanggungjawab manajemen mutu).

Kharakteristik Rapat Tinjauan Manajemen

  • Berkala
  • Direncanakan dengan baik
  • Didokumentasikan dengan baik
  • Mengevaluasi efektivitas penerapan sistem manajemen mutu dan dampaknya pada mutu dan kinerja
  • Membahas perubahan yang perlu dilakukan
  • Hasil pertemuan ditindak lanjuti
  • Tindak lanjut dipantau pelaksanaannya
  • Pihak manajemen dan pelaksana yang terkait diundang dalam rapat
  • Pertemuan diawali dengan pembahasan hasil dan tindak lanjut pertemuan tinjauan manajemen sebelumnya
  • Dilaksankan dengan agenda yang jelas
  • Menghasilkan luaran:
    • Rencana perbaikan
    • Rencana peningkatan kepuasan pelanggan
    • Rencana pemenuhan sumber daya yang diperlukan
    • Rencana perubahan-perubahan untuk mengakomodasi persyaratan produk/layanan/pelanggan

 

Input Tinjauan Manajemen

  • Hasil audit internal
  • Umpan balik pelanggan
  • Kinerja proses
  • Pencapaian sasaran-sasaran mutu/indikator-indikator kinerja
  • Status tindakan koreksi dan pencegahan yang dilakukan
  • Tindak lanjut tehadap hasil tinjauan manajemen yang lalu
  • Kebijakan mutu dan kebijakan pelayanan/upaya Puskesmas
  • Perubahan yang perlu dilakukan terhadap system manajemen mutu dan system pelayanan/penyelenggaraan upaya Puskesmas

 

Output Tinjauan

Keputusan dan tindakan yang berhubungan dengan:

  • peningkatan efektivitas system manajemen mutu dan system pelayanan
  • peningkatan pelayanan terkait dengan persyaratan pelanggan,
  • identifikasi perubahan-perubahan yang diperlukan baik pada system manajemen mutu maupun system pelayanan
  • penyediaan sumber daya yang perlu dilakukan agar SMM dan system pelayanan efektif

 

Agenda dan Langkah Persiapan 

Agenda Rapat Tinjauan Manajemen

  • Pembukaan oleh Wakil Manajemen Mutu
  • Arahan dari Kepala Puskesmas
  • Tinjauan terhadap pertemuan tinjauan manajemen yang lalu
  • Pembahasan hasil audit internal
  • Permbahasan umpan balik/keluhan pelanggan
  • Hasil penilaian kepuasan pelanggan
  • Hasil penilaian kinerja
  • Masalah-masalah operasional yang terkait dengan penerapan sistem manajemen mutu, penyelenggaraan pelayanan (klinis dan UKM)
  • Rencana perbaikan/perubahan yang perlu dilakukan baik pada sistem manajemen mutu maupun sistem pelayanan (klinis dan UKM)
  • Rekomendasi untuk perbaikan
  • Penutup

 

Langkah-langkah Pertemuan Tinjauan Manajemen

  • Penanggung jawab manajemen mutu bersama Kepala FKTP mempersiapkan pertemuan tinjauan manajemen: rencana waktu, tempat, agenda, dan siapa saja yang akan diundang
  • Penanggung jawab manajemen mutu mengundang peserte pertemuan
  • Penanggung jawab manajemen mutu memimpin pertemuan tinjauan manajamen: melaksanakan sesuai agenda, memimpin proses paparan/diskusi selama pertemuan berlangsung
  • Penanggung jawab manajemen mutu memberikan umpan balik/simpulan rapat tinjauan manajemen
  • Penanggung jawab manajemen mutu melakukan pemantauan perbaikan sesudah pertemuan tinjauan manajemen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s