Struktur Standar dan Elemen Penilaian Akreditasi Puskesmas dan FKTP (#7)

BAB JUDUL JUMLAH STANDAR JUMLAH KRITERIA JUMLAH ELEMEN PENILAIAN (EP)
I Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas (PPP) 3 13 59
II Kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas (KMP) 6 29 121
III Peningkatan Mutu dan Manajemen Risiko (PMMR) 1 7 32
IV Upaya Kesehatan Masyarakat yang Berorientasi Sasaran (UKMBS) 3 10 53
V Kepemimpinan dan Manajemen Upaya Kesehatan Masyarakat (KMUKM) 7 22 101
VI Sasaran Kinerja UKM (SKUKM) 1 6 29
VII Layanan Klinis yang Berorientasi Pasien (LKBP) 10 33 151
VIII Manajemen Penunjang Layanan Klinis (MPLK) 7 36 172
IX Peningkatan Mutu Klinis dan Keselamatan Pasien (PMKP) 4 12 58

Standar-standar diatas bisa dikelompokkan menjadi tiga kelompok yaitu

Kelompok standar Administrasi dan Manajemen

  1. Bab I:
    1. Perencanaan puskesmas
    2. Akses masyarakat thd puskesmas
    3. Evaluasi kinerja puskesmas
  2. Bab II:
    1. Tatakelola sarana, pengelolaan sdm
    2. Pengelolaan Puskesmas: pengorganisasian, komunikasi dan koordinasi, pengelolaan keuangan, pengelolaan data dan informasi
  3. Bab III:
    1. Peningkatan mutu dan manajemen risiko

Screen Shot 2016-08-26 at 9.40.19 AM

Kelompok Standar UKM

  1. Bab IV:
    1. Analisis kebutuhan masyarakat sebagai dasar perencanaan kegiatan tiap-tiap UKM
    2. Akses sasaran thd UKM
    3. Evaluasi kinerja UKM
  2. Bab V:
    1. Tanggung jawab dalam pengelolaan UKM
    2. Pengelolaan tiap-tiap UKM: Perencanaan prgoram/kegiatan UKM, pengorganisasian, komunikasi dan koordinasi, akuntabilitas pengelolaan UKM, hak dan kewajiban sasaran
  3. Bab VI:
    • Sasaran kinerja UKM: komitmen dan peran dalam perbaikan kinerja UKM, tata nilai dalam penyelenggaraan program/kegiatan UKM, Upaya perbaikan kinerja berkesinambungan berdasarkan analisis kinerja untuk tiap-tiap UKM, keterlibatan sasaran dalam perbaikan kinerja UKM

Kelompok standar UKP

  1. Bab VII:
    1. Kesinambungan pelayanan klinis (continuity of care): mulai dari pendaftaran sampai dengan pemulangan atau rujukan
  2. Bab VIII:
    1. Manajemen penunjang pelayanan klinis: pelayanan lab, obat, radiodiagnostik, rekam medis, manajemen keamanan lingkungan puskesmas, manajemen peralatan klinis, manajemen sdm klinis
  3. Bab IX:
    1. Peningkatan mutu pelayanan klinis dan keselamatan pasien

Screen Shot 2016-05-31 at 3.50.36 AM

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s