Tahapan Audit Internal dalam Akreditasi PUSKESMAS (#16)

IMG_20160418_133259

Tahapan Audit Internal

  • Tahap I : penyusunan rencana audit: menentukan unit-unit kerja yang akan diaudit, tujuan audit, jadual audit, dan menyiapkan instrumen audit
  • Tahap II: pengumpulan data dengan menggunakan instrumen audit yang disusun berdasar standar/kriteria tertentu
  • Tahap III: analisis data audit, perumusan masalah, prioritas masalah dan rencana tindak lanjut audit
  • Tahap IV: pelaporan dan diseminsasi hasil audit

 

Menyusun rencana audit (audit plan)

Perencanaan audit internal terdiri dari beberapa langkah sebagai berikut:

  • Tujuan audit internal: contoh: melakukan penilaian kinerja dibandingkan strandar kinerja
  • Lingkup audit: menjelaskan unit kerja yang akan diaudit
  • Objek audit: apa saja yang perlu diaudit
  • Alokasi waktu: berapa lama akan dilakukan
  • Metoda audit: komunikasi internaksi secara langsung, metoda survei, dsb
  • Persiapan audit: persiapan auditor, penetapan kriteria audit, penyusunan instrumen audit
  • Laporan hasil audit: perhatikan format laporan

 

Contoh Form : Rencana Audit

No Unit/

sasaran audit

Auditor Kegiatan/

proses yang diaudit

Standar/

kriteria yang digunakan

Tanggal audit I Tanggal audit II

 

Pelaksanaan Audit

  • Pengumpulan data pada pelaksanaan audit dilakukan dengan berbagai metoda:
    • Mengamati proses pelaksanaan kegiatan
    • Meminta penjelasan/mewawancarai pada auditee
    • Meminta peragaan oleh auditee
    • Memeriksa dan menelaah dokumen
    • Memeriksa dengan menggunakan daftar tilik
    • Mencari bukti-bukti
    • Melakukan pemeriksaan silang
    • Mencari informasi dari sumber luar
    • Menganalisis data dan informasi
    • Menarik kesimpulan
    • Memberikan rekomendasi
  • Untuk bisa mengumpulkan data dengan baik, maka perlu disusun instrument pengumpulan data 

Menyusun instrument audit

Contoh Form Instrumen Audit

No Standar/Kriteri audit yang diacu Daftar pertanyaan/observasi Fakta Temuan audit Rekomendasi
Lampiran PMK 75/2015 ttg tenaga puskesmas (khususnya tenaga kefarmasian)
Standar akreditasi Bab 8.2
SOP penyimpanan B3

 

Analisis Data

  • Membandingkan fakta yang diperoleh pada waktu proses pengumpulan data dibandingkan dengan kriteria audit yang digunakan
  • Bila ditemukan kesenjangan (adanya gap antara fakta dengan kriteria), maka auditor bersama auditee melakukan analisis lebih lanjut untuk mengenal penyebab timbulnya kesenjangan, dan menyusun rencana perbaikan

Menyusun laporan audit

  • Hasil audit harus dilaporkan kepada Kepala Puskesmas/FKTP dan kepada unit yang diaudit.
  • Hasil audit juga dilaporkan pada saat rapat tinjauan manajemen:
    • Hasil audit
    • Tindak lanjut yang telah dilakukan
    • Kendala pada waktu perbaikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s