Si APIK – Aplikasi Akuntansi Usaha Mikro Kecil (UMK) berbasis Android

Bank Indonesia telah mengupayakan sebuah Aplikasi Akuntansi untuk Usaha Mikro Kecil berbasis Android. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan telah memenuhi standar akuntansi Entitas Mikro Kecil Menengah (EMKM) yang baru saja di keluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia.

Ada dua model usaha yang bisa diakomodasi dengan aplikasi ini yaitu Usaha Perorangan dan Usaha Belum Memiliki Badan Hukum. Untuk usaha yang telah memiliki badang hukum, seperti PT, contohnya bisa merujuk ke Standar Akuntansi ETAP (Entitas Tanpa Akuntanbilitas Publik) dan kurang cocok memakai aplikasi ini.

BI telah mengeluarkan Pedoman Umum, Pedoman Teknis dan Modul untuk membantu UMKM dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan , bisa dibaca dan di download disini.

Kami dari Syncore Consulting diminta beberapa lembaga untuk membatu edukasi pedoman dan aplikasi tersebut ke UMKM. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh UMKM :

1/ Download Aplikasi Si APik dari Google Play Store

Screen Shot 2016-12-26 at 10.02.33 PM.png

Cari : Si Apik di Google Playstore seperti gambar di Kiri Atas. Klik untuk menginstall di ponsel anda.

2/ Mulai Menggunakan 

screen-shot-2016-12-26-at-10-02-50-pm

3/ Pilih Jenis usaha dan Isikan Saldo Awal 

screen-shot-2016-12-26-at-10-03-13-pm

Anda bisa memilih beberapa jenis usaha yang paling cocok dengan usaha anda, apakah perdagangan, jasa atau manufaktur. Ikuti instruksi selanjutnya.

4/Catat Transaksi Pemasukan & Pengeluaran 

Screen Shot 2016-12-26 at 10.03.37 PM.png

Transaksi-transaksi yang ada sudah dikelompokkan untuk anda. Apakah transaksi pemasukan atau pengeluaran? Untuk Setting anda bisa tekan tombol tiga titik yang ada di kanan atas.

5/Buat Laporan 

laporan-siapik

Setelah kita inputkan, otomatis laporan-laporan bisa dihasilkan.

Apabila ingin dapat gambaran lebih lengkap bisa download Powerpoint berikut ini:

ppt-panduan-instalasi-siapik-dan-materi

Untuk informasi Pelatihan atau Mengundang Narasumber, bisa kontak email ke admin @ syncore.co.id atau training @ syncore.co.id

 

 

 

8 thoughts on “Si APIK – Aplikasi Akuntansi Usaha Mikro Kecil (UMK) berbasis Android

  1. Pak kalau mau tanya info2 mengenai UMKM/EMKM yang sudah menggunakan si APIK ini dan beberapa hal mengenai penggunaan si APIK ini bagaimana ya?

    Like

  2. Saya mulai menggunakan SIAPIK untuk usaha saya bulan lalu dan sangat bagus. Tp pada saat pergantian bulan, pembukuan laporan bulan lalu masih diikutkan, padahal harusnya kalau laporan bulanan ya mulai beban dll dari 0, tp koq seperti laporan tahunan jadinya. Dan itu sangat sangat mengecewakan. Padahal sy akan men share di sosmed untuk penggunaan SIAPIK ini, tapi batal.

    Mohon diperbaiki terlebih dahulu laporan bulanannya, agar terekord tiap bulannya.

    Jatimtoys
    Instagram : Jatimtoys

    Like

Leave a comment