Training on Trainers Pendamping BUMDES

Seiring dengan semakin bertambahnya permintaan untuk pendampingan pendirian maupun penguatan BUMDES, maka kami perlu mengadakan TOT untuk memperkuat tim pendamping.

TOT ini dilaksanakan dengan skenario yang sama dengan yang telah kami lakukan saat mendampingi BUMDES di Kabupaten Bantul dan Kabupaten Purworejo.

WhatsApp Image 2017-05-16 at 9.15.47 AM

Hari pertama diisi dengan pemahaman teknik fasilitasi. Pendamping harus menguasai teknik-teknis fasilitasi, supaya bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

WhatsApp Image 2017-05-17 at 9.46.25 AM

Materi berikutnya adalah tentang Pemetaan Potensi dan Pemilihan Unit Usaha BUMDES. Pada sesi ini langsung diadakan role play untuk memetakan potensi salah satu desa, dan bagaimana memilih jenis usaha yang tepat untuk dijalankan oleh BUMDES.

Hari kedua kemudian dilanjut dengan Penguatan Manajemen BUMDES, dalam hal ini dimulai dari pengelolan keuangan, kemudian dilanjutkan penguatan pemasaran dan pengeloalan SDM.

TOT ditutup dengan foto bersama. Masing-masing peserta mendapatkan modul, akses ke bumdes.id dan masuk kedalam jejaring Tim Pendampingan. Paska Lebaran Tim tersebut siap diterjunkan ke beberapa daerah di Indonesia untuk mendampingi Pendirian dan Penguatan BUMDES.

Salam Bumdes. Sukses !

WhatsApp Image 2017-05-16 at 5.23.43 PM

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s