Workshop Risk Based Audit untuk BPR

???????????

BPR Nusamba adalah group bank perkreditan rakyat dibawah PT Sentra Harmoni. Saat ini mencakup 21 cabang yang tersebar dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Mataram. Untuk mendukung operasional dari cabang-cabang tersebut maka diperlukan sebuah divisi satuan audit internal (SAI) yang efektif.

Bank Indonesia telah mengeluarkan serangkaian aturan untuk implementasi manajemen resiko di bank umum. Untuk menggunakan kerangka itu di BPR masih diperlukan beberapa penyesuaian. Komponen dari suatu manajemen resiko terdiri dari penguatan sistem pengendalian internal (internal control), menggunakan analisa resiko dalam penentuan kecukupan modal dan penerapan risk based audit (audit berbasis resiko)

Kerangka Implementasi Manajemen Resiko menurut BI

Audit berbasis resiko memerlukan perubahan paradigma dari auditor internal. Sebelumnya auditor internal memposisikan dirinya seperti ‘polisi perusahaan’ yang fokusnya mencari-cari kesalahan. Hal ini tidak relevan lagi karena auditor internal juga dituntut untuk memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Nilai tambah tersebut hanya bisa didapat apabila auditor internal tidak hanya berhenti mencari kesalahan, tetapi juga fokus mencari solusi. Ada tiga strategi umum yang harus dijalankan auditor internal untuk memberikan nilai tambah yaitu lewat:

  1. Perbaikan proses
  2. Penguatan pengendalian internal
  3. Mengawal penerapan manajemen resiko

Audit Matrix Risk Based Internal Audit

Kami telah mengembangkan kerangka risk based internal audit, yang bisa membantu manajemen BPR dalam mengidentifikasi resiko, mengelola resiko dan melaporkan resiko. Worskhop dua hari yang kami lakukan dengan BPR Nusamba, telah membuka wawasan, memberikan panduan step by step dalam menerapkan risk based audit dan memberikan contoh-contoh praktis bagaimana pendekatan risk based audit mengarahkan audit menjadi lebih efektif dan efisien, karena kita hanya fokus ke area-area yang beresiko tinggi.

Kerangka Risk Based Internal Audit

Apabila anda butuh workshop yang sama anda bisa kontak kami di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s